ALAT ELEKTROMAGNETISASI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Jika
fisika dipandang sebagai ilmu yang bersifat empirik, maka pembelajaran fisika
sebisa mungkin dimulai dengan melibatkan pengamatan gejala atau fenomena
alam yang berkaitan dengan materi pembelajaran fisika yang akan diajarkan,
disamping juga harus memperhatikan hakekat fisika sebagai produk, proses dan
sikap. Persoalannya adalah, apa yang harus disiapkan dalam mengembangkan pembelajaran fisika yang sesuai
dengan struktur keilmuan, pola pikir, dan hakekat fisika? jawabannya sangat
banyak, tetapi pada umumnya pengembangan pembelajaran fisika mencakup
pengembangan-pengembangan indikator, materi pembelajaran fisika, rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) fisika, media (presentasi) pembelajaran fisika,
alat peraga untuk pembelajaran fisika, dan evaluasi pembelajaran fisika.
1.2. Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan alat
praktikum ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan teori-teori fisika secara
kuantitatif terutama konsep kelistrikan dan kemagnetan sehingga lebih
mudah untuk dipahami oleh siswa.
1.3. Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari pembuatan alat
ini yaitu untuk memudahkan guru untuk menyampaikan materi terkait dengan konsep
kemagnetan dan membantu siswa dalam memahami konsep kemagnetan tersebut.
BAB II
DESAIN
ALAT DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN ALAT
2.1. Desain Alat
2.2. Alat dan Bahan
Ø Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah sebagi
berikut ini:
a. Seutas kawat tunggal berisolasi sepanjang kurang lebih 150 cm
b. Satu capit buaya hitam dan satu capit buaya merah
c. Karton duplek kurang lebih 8 cm x 10 cm untuk membuat pipa
d. Sebuah paku kayu yang panjangnya 10 cm
e. Sebuah paku beton yang panjangnya 10 cm
f. Paku-paku kecil secukupnya
g. Plat logam
h. Satu baterai 1,5 volt
i. Multiplek 9 mm
j. Karet gelang
k. Celotape, dan
l. Ampelas nomor nol
m. Paku uril kecil
n. Timah solder
Ø Alat yang dibutuhkan untuk
membuatnya adalah seperti yang dikemukakan berikut ini.
a.
Gergaji triplek
b.
Pahat kayu 0,5 cm
c.
Palu karet
d.
Palu logam
e.
Gunting kaleng
f.
Tang pengelupas kabel
g.
Solder
h.
Obeng minus
2.3. Langkah-langkah Pembuatan
Ø Urutan pekerjaan membuatnya adalah seperti
yang dikemukakan berikut ini.
a. Ujung
kabel dikelupas isolasinya lebih kurang 0,5 cm.
b. Karton
digulung menjadi pipa dan dicelotape bagian luarnya.
c. Multiplek
dipotong, dilubangi dan diampelas sesuai gambar rancangan.
d. Plat logam
digunting dan dibentuk untuk dudukan kutub-kutub baterai.
e. Kabel
dililitkan pada pipa karton dengan lilitan yang rapat menjadi sebuah
kumparan.
f. Kedua
ujung kumparan diberi celotape.
g. Batang
statif dipasang pada alas statif.
h. Dudukan
kutub-kutub baterai dipaku pada triplek alas dudukan baterai.
i. Capit
buaya di pasang pada kedua ujung kawat kumparan.
j. Pipa
karton dan kumparannya dipasang pada batang statif dengan karet gelang.
k. Paku kayu
dimasukkan vertikal dari atas ke pipa kumparan pada statif.
l. Baterai
dipasang pada dudukan baterai.
m. Beberapa
paku kecil disimpan di atas alas statif tepat di bawah paku kayu.
BAB III
PRINSIP
KERJA ALAT
3.3. Cara Kerja
Alat
Alat ini akan menunjukkan
tentang konsep listrik dan magnet yang mudah dipahami oleh siswa. Bahwa
timbulnya gaya magnet karena disebabkan oleh gaya listrik. Hal ini ditunjukkan
ketika sebuah baterai yang memiliki sumber listrik yang dialirkan ke sebuah
paku besar yang telah dililit dengan kawat melalui kabel penghantar maka
paku besar yang dialiri arus listrik tersebut akan menimbulkan gaya magnet, ini ditandai dengan
tertariknya paku kecil yang berada disekitarnya.
a. Mencari
besarnya induksi magnet (Hukum Biot Savart)
|
No.
|
Kuat Arus (i)
|
Panjang Kawat (l)
|
Jarak (r)
|
Sudut (ө)
|
Konstanta
|
Induksi Magnet (dB)
|
|
1.
|
||||||
|
2.
|
||||||
|
3.
|
Formulasi
Biot Savart: dB = k.i.l sin ө / r2
b. Mencari
besarnya induksi pada Solenoida
|
No.
|
Kuat Arus (i)
|
Panjang Kawat (l)
|
Jumlah Lilitan (N)
|
Induksi Magnet (B)
|
|
1.
|
||||
|
2.
|
||||
|
3.
|
Besar
Induksi magnet di pusat kumparan solenoida:
B = µO. i. N/ l
Besar
Induksi magnet di ujung kumparan solenoida:
B = µO. i. N/ 2l



Comments
Post a Comment